Tahun ajaran baru saja akan beranjak menuju penghujung. Bagi para siswa Kelas 1 Sekolah Dasar, ini berarti satu tahapan penting dalam perjalanan belajar mereka segera terlewati. Penilaian Akhir Tahun (PAT) menjadi tolok ukur sejauh mana pemahaman dan keterampilan yang telah mereka kuasai sepanjang semester genap Kurikulum 2013. PAT bukan hanya sekadar ujian, melainkan sebuah kesempatan untuk merefleksikan proses belajar, mengidentifikasi area yang perlu diperkuat, dan mempersiapkan diri untuk tantangan di jenjang selanjutnya.
Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang terpadu dan aktif, di mana siswa didorong untuk berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Oleh karena itu, contoh soal PAT Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 yang baik harus mencerminkan prinsip-prinsip ini. Soal-soal tidak hanya menguji hafalan, tetapi juga kemampuan menerapkan konsep dalam berbagai situasi, memecahkan masalah sederhana, dan mengkomunikasikan gagasan.
Artikel ini akan menyajikan contoh-contoh soal PAT yang komprehensif untuk mata pelajaran inti di Kelas 1 SD semester 2 Kurikulum 2013, lengkap dengan penjelasan dan fokus penilaiannya. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas bagi guru dalam menyusun soal, serta bagi orang tua dan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi PAT.
I. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia di Kelas 1 SD semester 2 berfokus pada pengembangan kemampuan membaca, menulis, dan menyimak yang lebih mendalam. Siswa diharapkan mampu memahami teks sederhana, menulis kalimat dasar, dan berkomunikasi secara lisan.
A. Kemampuan Menyimak:
-
Soal 1 (Pilihan Ganda):
Guru membacakan sebuah cerita pendek tentang "Kucing dan Tikus". Cerita tersebut berisi tentang seekor kucing yang mencoba menangkap tikus di dapur. Tikus yang cerdik berhasil bersembunyi di lubang tikus.
Pertanyaan: Apa yang dilakukan kucing dalam cerita tersebut?
a. Membantu tikus
b. Mengejar tikus
c. Bermain dengan tikus
d. Memberi makan tikus- Fokus Penilaian: Kemampuan memahami informasi penting dari teks lisan.
-
Soal 2 (Isian Singkat):
Guru akan membacakan sebuah daftar benda di kelas. Dengarkan baik-baik.
"Di dalam kelas ada meja, kursi, papan tulis, dan buku."
Pertanyaan: Sebutkan dua benda yang ada di dalam kelas berdasarkan cerita gurumu!
Jawaban: ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________- Fokus Penilaian: Kemampuan mengidentifikasi subjek dan predikat dalam kalimat sederhana.
-
Soal 3 (Menjodohkan):
Pasangkan gambar dengan kata yang sesuai.Gambar Kata Gambar apel Bunga Gambar bola Apel Gambar bunga Bola - Fokus Penilaian: Kemampuan menghubungkan representasi visual dengan lambang kata.
B. Kemampuan Membaca:
-
Soal 4 (Membaca dan Menjawab Pertanyaan):
Bacalah kalimat di bawah ini dengan nyaring:
"Ayah membaca koran."
Pertanyaan: Siapa yang membaca koran?
Jawaban: ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________- Fokus Penilaian: Kemampuan memahami makna kata yang berkaitan dengan benda di lingkungan sekitar.
C. Kemampuan Menulis:
-
Soal 5 (Menulis Huruf/Kata):
Tuliskan huruf yang hilang untuk membentuk kata yang benar:
__ O N G- Fokus Penilaian: Kemampuan mengenali dan menulis huruf kapital dan kecil.
-
Soal 6 (Menyusun Kata Menjadi Kalimat):
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang baik:
"bunga – mekar – di – taman"
Jawaban: ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________




